Kabar

Bantu Dampak Covid-19 Pagar Nusa – GASMI Lamongan Gelar Aksos

Padasuka.id – Lamongan. Di bulan suci Ramadhan nan berkah ini Keluarga Besar Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa – Gasmi Sekaran, Maduran, Lamongan, Jawa Timur, menggelar Aksi Gerakan Bakti Sosial dan Gerakan Menangkal Penularan Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Mei 2020.

Seperti pantauan di lapangan, dalam kegiatan aksi sosial (Aksos) tersebut dibagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) makanan untuk warga masyarakat di sekitar tempat latihan pencak silat mereka se-Kecamatan Sekaran dan Maduran, Kabupaten Lamongan.

Aksi sosial ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 bukan hanya mengancam keselamatan jiwa masyarakat, namun juga mengancam ketahanan ekonomi masyarakat luas. Terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Menurut Ketua Keluarga Besar Pagar Nusa Gasmi Sekaran – Maduran, Ahmad Faisal Afandi, S.ST, akibat pandemi ini golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang sebagian besar mereka bekerja di sektor informal. Penghasilan mereka tidak hanya turun namun juga tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Untuk meringankan beban ekonomi golongan masyarakat yang terdampak virus Corona atau Covid-19, Keluarga Besar PSNU Pagar Nusa Gasmi Sekaran – Maduran menggelar Aksi Gerakan Bakti Sosial dan Gerakan Menangkal Penularan Covid-19 dengan melakukan aksi sosial membagikan sembako dan masker kepada warga masyarakat di sekitar tempat latihan Pencak Silat NU Pagar Nusa Gasmi se-Kecamatan Sekaran dan Maduran,” demikian ungkap Ketua Keluarga Besar Pagar Nusa Gasmi Sekaran – Maduran, Ahmad Faisal Afandi,, Selasa (19/5).

Kami juga mengkampanyekan penggunaan masker untuk pencegahan wabah Covid-19 bagi masyarakat. Penggunaan masker saat berada di luar rumah penting sekali. Karena saat ini Kabupaten Lamongan masuk zona merah utuk penularan Covid-19,” terangnya.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Panitia Heru Setiawan, SE, mengatakan  bahwa saat ini penyebaran Covid-19 sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Berkenaan dengan hal tersebut agar wabah ini dapat segera teratasi, kami mengimbau masyarakat patuh dan  mentaati imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, tetap tinggal di rumah, dan jika terpaksa ke luar rumah harus menggunakan masker,” tegasnya.

Di balik merebaknya wabah Covid-19 seiring pula dengan kesadaran sejumlah elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan serta untuk memutus mata rantai sebarannya. Kecuali itu, dalam hal ekonomi yang juga terdampak, mereka turut bahu membahu meringankan beban saudaranya. Satu di antaranya seperti yang telah diulas di atas. Semoga kegiatan ini menginspirasi bagi yang lain. (*)

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    20 Mei 2020 at 9:35 pm

    Luarrrr biasa PagarNusa…terus berbagi dengan sesama….semoga berkah dan sehat selalu buat pagarnusa di seluruh indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top