Kabar

Akibat Banjir, 2 Rumah di Kaliuda Hanyut dan 44 Lainnya Terendam

Padasuka.id – Sumba. Akibat terjangan banjir, dua rumah warga di Dusun Benda, Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur hanyut dan puluhan lainnya terendam. Bencana banjir tersebut terjadi pada Rabu, 20 Mei 2020, pukul 02.00 WITA (dini hari).

Terjadinya banjir salah satunya akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit Sungai Pangulado meluap. Selain menghanyutkan dua unit rumah, banjir juga merendam 44 unit rumah di dusun itu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan, akibat banjir, 230 jiwa mengungsi di Balai Desa Kaliuda. Demikian seperti dirilis dalam situs resmi Badan Nasional Penanggulanan Bencana, bnpb.go.id, Rabu (20/5/2020)

Atas bencana tersebut penanganan darurat telah dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur, tim reaksi cepat (TRC) diturunkan untuk melakukan kaji cepat. Menghindari jatuhnya korban jiwa, tim juga melakukan evakuasi warga menuju tempat yang aman. Kecuali itu, pemerintah daerah membantu warga terdampak dengan bantuan logistik.

Banjir terjadi di Dusun Benda, Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga, Sumba Timur pada Rabu dini hari (20/5), pukul 02.00 WITA (BPBD Kabupaten Sumba Timur). Sumber: bnpb.go.id

Diungkapkan pula, Kabupaten Sumba Timur merupakan wilayah yang memiliki potensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Berdasarkan analisis InaRISK, terdapat 16 kecamatan yang berpotensi banjir dengan luas are terdampak mencapai sekitar 75 ribu hektar.

Selain luas wilayah terdampak, fasilitas publik berupa sekolah dengan jumlah 63 unit berpotensi banjir dengan kategori sedang, dan 7 lainnya pada kategori tinggi.

Demikian, meskipun di sebagian daerah di Indonesia ada yang sudah memasuki permulaan musim kemarau, tetapi di daerah berbeda, seperti di Sumba, Aceh, DKI Jakarta, dan lain-lain malah mengalami banjir akibat intensitas hujan yang deras.

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    23 Mei 2020 at 4:40 am

    Semoga kita diberi kesabaran dalam setiap memghadapi musibah ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top