Kabar

Menguak Sejarah Foto Madrasah Pancasila yang Beredar di Media

Padasuka.id – Jakarta. Selama ini sering beredar foto sejumlah pelajar berpose dengan latar belakang gedung madrasah menggunakan papan nama bertuliskan “Madrasah Panjta Sila Nahdlatu Ulama.” Apakah foto itu benar demikian adanya atau hasil suntingan belaka? Kalau memang benar, lantas di mana lokasi madrasah tersebut? Berikut ini Padasuka.id akan mengurainya lebih lanjut.

Melalui postingan di laman Facebook-nya Dr KH Ainur Rofiq Al Amin (Pondok Pesantren Tambakberas, Jombang) mengunggah foto tersebut yang dilengkapi dengan keterangan serta foto aslinya, pada Senin, 1 Juni 2020 yang bertepatàn dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Menurut dia, gedung madrasah dalam foto itu berlokasi di Pondok Peaantren Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Foto di atas ini sering dijumpai di laman media online

Denga judul artikel “Foto Kenangan Madrasah Pancasila NU di Tambakberas Jombang,” Ainur Rofiq lalu menyampaikan uraian sebagai berikut:

“Berdasar cerita dari Gus Maimun Mutho (cucu Mbah Kiai Hamid Chasbullah yang saat ini menjadi salah satu pengasuh PP. Mambaul Ulum Paiton) bahwa foto paling kanan itu adalah almarhum KH. Irsyad Thohir Mindoan abahnya Gus Maimun (KH. Abdulloh Abu Hasan). Rumah KH. Irsyad Thohir yang wafat di Makkah ini berada di Sukodadi, Paiton, Probolinggo, (Jawa Timur).”

Diungkapkan pula, bahwa KH Irsyad Thohir adalah alumni Pondok Pesantren Tambakberas pada sekitar tahun 1955 – 1957. Adapun lokasi pengambilan gambar foto tersebut di sebelah barat kediaman KH Abdul Wahab Chasbullah pemrakarsa dan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

“KH. Irsyad Thohir alumni Tambakberas sekitar tahun 1955-1957. Setelah Mbah Hamid Chasbullah wafat, beliau boyong. Kata KH. Irsyad Thohir kepada Gus Maimun, foto itu lokasinya di barat ndalemnya (rumah) Mbah Kiai Wahab,” lanjut Ainur Rofiq di laman Facebook-nya.

Keterangan dalam Facebook tersebut kemudian dipublikasikan di situs berita Bangkitmedia.com (1/6/2020).

Di dalam situs media itu setelah mengurai keterangan seperti diungkap di atas Ainur Rofiq manambahi kalimat:

“Saya tidak perlu menjelaskan bagaimana ikatan pikiran dan batin antara santri, Pancasila dan Nahdlatul Ulama. Silakan lihat foto itu saja.”

Masih di media yang sama, dia lalu memberi sub judul: MADRASAH PANTJASILA NU TAMBAKBERAS (2).

Di bawah sub judul ini, diterangkan adanya foto asli dari foto yang telah umum berdear tersebut serta satu foto lagi di lokasi yang sama. Menurut Ainur Rofiq foto asli itu kiriman dari Gus Maimun.

“Masih dari kiriman Gus Maimun, dua foto ini asli dan disimpan di rumah Gus Maimun,” terangnya lalu menampiikan dua foto yang dimaksud.

“Foto pertama, yang sebelah kanan adalah KH. Khoiri (alumni Tambakberas), kakaknya KH. Abdulloh Abu Hasan. Lokasi juga di depan Madrasah Pantja Sila,” tulis Ainur Rofiq.

“Foto kedua, adalah sama dengan foto yang telah saya unggah tadi,” terangnya yang dipungkas dengan kalimat, “Demikian Foto Kenangan Madrasah Pancasila NU di Tambakberas Jombang.”
————

Dari bukti foto bersejarah tersebut di atas menunjukkan betapa NU dan para kiainya adalah para tokoh yang setia dalam mencintai dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar Nengara Kesatuan Republik Indonesia. Bukan hanya isapan jempol atau sekedar basa-basi semata, bahkan lembaga pendidikannya pun diberi nama “Madrasah Pancasila Nahdlatul Ulama.”

Lantas, bagaimana dengan sikap sebagian orang yang tidak pernah ikut berjuang tetapi di hari ini malah mengacuhkannya bahkan anti terhadap Pancasila?

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    3 Juni 2020 at 1:35 pm

    Semoga madrasah pantjasila kembali hidup…..jgn hanya posting foto doang…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top