Kabar

Beredar Foto Presiden Jokowi Memakai Sepatu di Dalam Masjid

Padasuka.id – Jakarta. Sejak Jumat, 5 Juni 2020 hingga hari ini di sejumlah grup WhatsApp beredar foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak seperti memakai sepatu berwarna putih di dalam masjid.

Di antara pengirim foto tersebut ada yang terkesan bertanya dengan narasi:

“Cuman tanya… bapak baju putih ini lagi di dalam masjid apa? hoax apa editan.”

Narasi di atas ini menyertai foto Presiden Jokowi berdiri di dalam sebuah ruangan di sela-sela sajadah –dengan memberi lingkaran warna merah pada bagian kaki presiden.

Tangkapan layar dari salah satu WhatsApp Group

Setelah melakukan penelusuran foto tersebut identik dengan foto yang dibagikan oleh akun Om Jay yang berasal dari unggahan akun M Nur (fb.com/100049968721169) dengan narasi: “PRESIDEN menggunakan SEPATU didalam MESJID, #TerlaknaklahEngkau”

Tangkapan layar foto unggahan akun M Nur yang dibagikan oleh akun Om Jay

Lantas, benarkah Presiden Jokowi memakai sepatu ke dalam masjid serta di mana lokasinya? Setelah mencoba menelusuri peristiwa dalam foto itu, ternyata foto yang dimaksud adalah saat Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno sedang meninjau Masjid Baiturrahim di kompleks istana sebagai persiapan menuju ke tatanan normal baru.

Hal tersebut dapat dilihat dalam akun Twitter @jokowi, pada Kamis, 4 Juni 2020, Presiden Jokowi mengunggah foto saat dirinya meninjau Masjid Baiturrahim dengan menyertakan keterangan sebagai berikut:

“Pagi ini saya meninjau Masjid Baiturrahim di kompleks istana sebagai persiapan menuju ke tatanan normal baru.

Ruangan masjid sudah ditata, juga sudah dibersihkan dengan disinfektan. Bila Salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid-masjid, maka Masjid Baiturrahim juga sudah siap.”

Dalam foto yang diunggahnya tampak presiden berdiri di sela-sela sajadah dengan ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, sama seperti foto yang beredar. Namun begitu, presiden tidak memakai sepatu melainkan memakai kaos kaki berwarna putih –perhatikan gambar.

Foto tangkapan layar dari @jokowi. Ukuran foto diperbesar agar lebih jelas bahwa yang dipakai presiden bukan sepatu melainkan kaos kaki berwarna putih

Kemudian, berdasarkan video berita berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan New Normal di Masjid Baiturrahim Istana” yang diunggah kanal Youtube Metrotvnews, Kamis, 4 Juni 2020, setelah turun dari mobil terlihat Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno memakai sepatu berwarna hitam menuju Masjid Bairurrahim. Dalam video itu, sebelum menaiki teras masjid, tampak Presiden Jokowi dan Menteri Pratikno melepas sepatunya terlebih dahulu.

Berikutnya, setelah beberapa saat melakukan peninjauan di dalam masjid, Presiden Jokowi dan Pratikno keluar dari dalam ruangan masjid. Pada rangkaian gambar dalam video tersebut terlihat dengan jelas saat Presiden Jokowi memakai kembali sepatunya ketika sudah turun dari masjid dan akan beranjak menuju areal halaman depan.

Saat Presiden Jokowi kembali memakai sepatunya setelah keluar (turun) dari Masjid Baiturrahim. (Foto: Tangkapan layar dari kanal Metronews)

Simpulannya, foto yang diasumsikan bahwa Presiden Jokowi memakai sepatu di dalam masjid dengan narasi yang tendensius baik yang beredar di beberapa grup WhatsApp maupun yang diunggah oleh akun Facebook M Nur adalah tidak benar.

Editor : M.A.R & Anuro

2 Comments

2 Comments

  1. Avatar

    Amir maulana

    6 Juni 2020 at 9:57 pm

    Semoga pemimpin bangsa ini Bapak Ir H Joko Widodo selalu sabar dalam menghadapi rakyat yg selalu menebar kebencian…

  2. Avatar

    Ridwan Fajar

    6 Juni 2020 at 10:11 pm

    Makanya sebelum menghujat, cari berita dulu yang benar, baru dapat 1 berita sudah menghujat, kl tau berita itu tidak benar, saya mau tau, sikap nya orang tersebut bagaimana ya?…..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top