Kabar

Seiring Kondisi New Normal; Majelis Munajat Mulai Menggeliat

Padasuka.id – Jakarta. Seiring melandainya sebaran wabah Covid-19 yang bersama dengan itu pula sejumlah daerah sudah memasuki ‘new normal’ (normal baru) berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak mulai diaktifkan kembali. Namun demikian, tetap harus mengikuti protokoler kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

Bersamaan dengan kenormalan baru tersebut sejumlah “Majelis Munajat” Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA) sejak pekan lalu sudah ada yang memulai kegiatan rutinannya. Yakni, pembacaan “Kitab Munajat Kumpulan Wirid dan Doa-doa Al-Quran” berjamaah secara langsung di majelis yang sama. Sebelumnya, selama sebaran Covid-19 yang dikatakan akibat virus Corona jenis baru itu sedang meningkat, kegiatan berjamaah secara langsung di satu majelis ditiadakan. Kalau pun ada kegiatan pembacaan Kitab Munajat berjamaah demi tetap menjaga istikomah, dilakukan secara virtual.

Kegiatan Majelis Munajat di Kendal, Sabtu malam (20/6/2020)

Sabtu malam, 20 Juni 2020, salah satu Majelis Munajat di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kembali menggelar pembacaan Kitab Munajat berjamaah di sebuah mushalla.

Melalui sambungan WhatsApp, Ustadz Ismunaji, pegiat Majelis Munajat Kendal mengabarkan, ia dan sejumlah jamaah yang lain sedang melaksanakan rutinan pembacaan Kitab Munajat di daerahnya. Sebagaimana sebelumnya dirutinkan setiap malam Ahad, terang Ismunaji, maka dalam kondisi new normal ini pun pembacaan kitab kumpulan wirid dan doa-doa Al-Quran itu, kembali dirutinkan di malam yang sama.

Selain di Kendal, pada malam yang sama pembacaan Kitab Munajat berjamaah juga mulai digelar di daerah Padalarang, Jawa Barat.

Koordinator Majelis Munajat PADASUKA Padalarang, Ustadz Rahmat Yasirudin mengabarkan, Sabtu malam (20/6/2020) dirinya dan sejumlah jamaah tengah mengamalkan pembacaan Kitab Munajat secara berjamaah.

Kegiatan Majelis Munajat di Padalarang, Sabtu malam (20/6/2020)

Majelis Munajat Padalarang di era new normal kembali istikomah. Semoga Allah SWT mengangkat Covid-19 dan benar-benar kembali normal seperti sedia kala,” tulis Rahmat melalui sambungan WhatsApp dengan menyertakan foto kegiatannya.

Sebagai informasi tambahan, sampai saat ini Majelis Munajat PADASUKA sudah tersebar di sejumlah wilayah di Nusantara. Hanya saja, sesuai dengan ketentuan pemerintah terkait dengan peta kondisi Covid-19, belum semua majelis mengaktifkan kembali kegiatan rutinannya. Kalau pun ada sebagian yang aktif, dilakukan secara virtual.

Sejumlah jamaah Majelis Munajat di Padalarang, Jawa Barat (Sabtu malam,20/6/2020)

Sebagai upaya batiniah untuk pencegahan, setidaknya memperkecil dampak dan angka sebaran Covid-19, sejak dua pekan sebelum Ramadhan 1441 H hingga di akhir bulan suci tersebut PADASUKA menggelar “Dunia Bermunajat untuk Keselamatan Umat.” Yakni, pembacaan Kitab Munajat berjamaah lintas negara secara virtual melalui aplikasi video conference. Dalam pelaksanaannya, selain diikuti oleh hampir semua perwakilan jamaah Majelis Munajat se-Nusantara, juga diikuti oleh jamaah dari Australia, Arab Saudi, Mesir dan Abu Dhabi. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    21 Juni 2020 at 8:26 am

    Semoga istiqomah dalam kebersamaan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top