Kabar

Kelompok Pemuda Ini Tetap Berburu Fasilitas Ibadah

Padasuka.id – Jakarta. Sejumlah pemuda di wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (21 Juni 2020) ‘memburu’ fasilitas ibadah dan pendidikan. Perburuan mereka tentu bernilai positif karena bertujuan untuk kebaikan dan kesehatan sesama. Mereka mendatangi sejumlah tempat ibadah dan fasilitas pendidikan tersebut untuk merealisasikan bakti sosial berupa penyemprotan cairan disinfektan dan pembersihan lokasi.

Meskipun wabah Covid-19 mulai melandai bahkan sejumlah titik sudah dinyatakan menjadi zona hijau, namun langkah antisipatif sebagai upaya pencegahan adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan. Apalagi di tempat-tempat ibadah dan fasilitas pendidikan dan umum yang memungkinkan orang dari daerah lain datang.

Ya, mereka adalah sejumlah pengurus dan anggota Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Penyemprotan disinfektan

Penggerak Ansor – Banser Ranting Srengseng Sawah, Muchlisul Muhaimin, menyampaikan kegitan itu sebagai tindak lanjut dari instruksi Ketua Ansor PAC Jagakarsa.

Kami dari Ranting Srengseng Sawah yang berada di wilayah kepengurusan GP Ansor PAC Jagakarsa mengadakan penyemprotan, pembersihan, dan pembagian masker di wilayah Ranting Srengseng Sawah, pada hari ini yang dimulai dari pukul 07.30 sampai pukul 12.00 WIB,” tutur Muchlisul, Minggu (21/6/2020).

Mengepel lantai masjid dalam bakti sosial Ansor Banser PAC Jagakarsa, Jakarta Selatan

Adapun lokasi bakti sosial mereka meliputi: Masjid Betawi Raya Baitul Ma’mur (RW 07, Jl. Srengseng Sawah, areal wisata Kampung Betawi Setu Babakan), Mushalla Al-Hidayah (Jl SMP 211), TK Aisyiyah / Musholla Nurul Amin (Jl Pemuda 2, RT/RW, 08/09), dan Mushalla Al-Istiqamah, Srenseng Sawah.

Menarik di sini, seperti diurai di atas, bahwa lokasi bakti sosial mereka salah satunya adalah TK Aisyiyah dan Mushalla Nurul Amin yang merupakan fasilatas pendidikan dan tempat ibadah umat Islam di bawah naungan organisasi Mumamadiyah. Dalam soal bakti, nampaknya para pemuda Nahdlatul Ulama ini senantiasa bersinergi dengan organisasi yang lain termasuk dengan Muhammadiyah.

Pembagiaan masker dalam bakti sosial Ansor Banser PAC Jagakarsa, Jakarta Selatan (21/6/2020)

Sebagai Banom Nahdlatul Ulama, Ansor – Banser menunjukan baktinya dengan bersilaturahmi ke salah satu pengurus Muhammadiyah. Di mana, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah terus bersinergi dan bersilaturahmi dengan baik. Ansor – Banser kembali menindaklanjuti instruksi Ketua PAC GP Ansor Jagakarsa, Ustadz Wawan Saefudin, untuk melakukan penyemprotan disinfectant, kerja bakti, dan pembagian masker. Salah aatunya di TK Aisyiyah dan Mushalla Nurul Amin milik Pimpinan Muhammadiyah,” tulis GP Ansor PAC Jagakarsa di laman Facebook-nya, Minggu (21/6/2020).

Atas bakti sosial yang dilakukan oleh sekelompok pemuda Nahdlatul Ulama tersebut, Arman Hasan, salah seorang warga Jagakarsa menyampaikan rasa simpatinya. Menurut dia, kegiatan tersebut sangat bermanfaat serta menjadi bagian dari pendidikan bagi warga terkait menjaga kebersihan dan kesehatan.

Meskipun sekarang eranya sudah new normal, gitu katanya, atau sudah masuk zona hijau, tapi menjaga kebersihan itu kan sangat penting. Begitu juga dengan penyemprotan itu. Apalagi di tempat-tempat ibadah atau tempat-tempat umum. Kan kita nggak tahu yang datang ke mushalla atau masjid itu dari mana saja. Namanya juga tempat ibadah, kan orang dari mana saja, sekalian lewat bisa mampir sembahyang dan lain-lainnya. Misal pedagang keliling lewat lalu berhenti sebentar untuk ibadah, mereka kan bisa dari pasar, dari kampung sebelah, ya dari mana-mana. Maka itu dengan penyemprotan dan bersih-bersih, nyapu dan ngepel lantai masjid itu penting sekali,” tutur Arman.

Nah itu juga kan bisa jadi contoh bagi masyarakat sekitar agar selalu peduli pada kebersihan dan kesehatan. Ya, menurut saya ini mah jadi semacam pendidikan juga, gitu. Sebagai warga, saya sangat berterima kasih pada mereka. Salut dah pokoknya pada Ansor sama Banser yang selalu peduli, gitu,” pungkas Arman. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    22 Juni 2020 at 1:38 pm

    Salut buat ansor dan banser

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top