Kabar

Miris! Jalan Desa di Kampung Halaman Menteri Ini Rusak Parah

Padasuka.id – Madura. Siapa sangka, di tengah gencarnya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun infrastruktur, jalanan desa di kampung halaman menteri kabinetnya malah jauh dari layak. Kenyataan ini terungkap ketika Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohamad Mahfud MD pulang kampung ke Dusun Seccang, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu, 27 Juni 2020 lalu.

Sehari sebelumnya, Jum’at, 26 Juni 2020, warga yang mendapat kabar bahwa Mahfud MD akan pulang kampung, secara swadaya mereka memperbaiki akses jalan menuju lokasi pemakaman ayahanda Mahfud di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan. Hal ini dilakukan warga, karena kebiasaan tokoh nasioanal yang cukup diperhitungkan ini, jika pulang kampung sudah pasti akan berziarah ke makam orang tuanya, almarhum H Mahmoddin.

Warga Desa Plakpak, Pamekasan, Madura bergotong royong dan swadaya memperbaiki jalan yang akan dilalui Menko Pulhukam Mahfud MD karena jalan desa di daerah itu dalam kondisi rusak parah. (Dok. Foto: Istimewa)

Pak Mahfud termasuk orang yang sederhana walau beliau menjadi tokoh nasional. Kalau pulang kampung, beliau sangat rajin ziarah ke makam orang tuanya, juga ke makam kakek, dan buyutnya di Dusun Seccang, Desa Plakpak ini,” ungkap Dullah salah seorang warga setempat kepada awak media.

Rusaknya jalanan desa di kampung halaman menteri di kabibetnya Jokowi ini mendapat sorotan dari sejumlah media massa yang meliput kehadiran Mahfud di daerah asalnya.

Meski warga Pamekasan memiliki tokoh nasional, ternyata jalan-jalan desa di kabaputen yang dipimpin Bupati Baddrut Tamam itu tidak terurus,” demikian antara lain dirilis oleh sejumlah media massa.

Akibat jalanan yang rusak, praktis iring-iringan kendaraan yang ditumpangi keluarga dan sahabat Mahfud tersebut harus berjibaku melewati jalan poros desa yang rusak parah.

Setelah berziarah, Mahfud menyempatkan diri mampir ke rumah kakak kandungnya, Zahratun, untuk bersilaturahmi sambil menikmati segarnya kelapa muda. Di sini, Mahfud bercengkrama dengan sejumlah keluarga besarnya.

Kedatangan Mahfud dan rombongan, baik saat ziarah kubur atau ketika ke rumah sang kakak tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 di era normal baru ini. Ia dan rombongan tampak memakai masker serta mematuhi ketentuan lainnya.

Sementara itu, Koordinator Sahabat Mahfud MD Jawa Timur, Firman Syah Ali yang juga keponakan Mahfud tampak mendampingi sang paman. Sama seperti yang disampaikan warga, menurut Firman, sang paman sangat rajin berziarah ke makam orang tua dan leluhurnya di Pamekasan.

Menko Polhukam Mahfud MD saat ziarah ke makam ayahnya, Mahmoddin di Kabupaten Pamekasan, Madura, Sabtu (27/6/2020) Dok. Istimewa

Semoga rutinitas ziarah makam orang tua yang dilakukan oleh Prof Mahfud MD dapat dijadikan suri tauladan oleh generasi penerus bangsa. Kadang kita rajin ziarah makam wali di seluruh Indonesia, tapi lupa ziarah ke makam orang tua dan leluhur sendiri,” ucap Firman yang juga Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Timur.

Setelah bersilaturahmi dengan keluarga besarnya di Dusun Seccang, Desa Plakpak, Mahfud dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pendopo Kabupaten Bangkalan di Kota Bangkalan dalam rangka bertemu dengan ulama se-Madura.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, dalam perjalanan dari Kabupaten Pamekasan menuju Kabupaten Bangkalan yang melintasi ruas jalan Kabupaten Sampang, rombongan Mahfud memilih jalur Jalan Raya Omben –salah satu daerah di Kabupaten Sampang, Madura. Hal ini, terang Mahfud, untuk mengenang daerah di mana dulu ia dilahirkan. Diketahui, tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden KH Abdurrahman Wahid ini, lahir di Omben, Sampang, 63 tahun silam.

___________

Keterangan

Foto / ilustrasi utama: Saat warga Desa Plakpak, Pamekasan, Madura, bergotong royong dan swadaya memperbaiki jalan yang akan dilalui Menko Pulhukam Mahfud MD karena jalan desa di daerah itu dalam kondisi rusak parah. (Dok. Foto: Istimewa)

Editor : M.A.R & Anuro

2 Comments

2 Comments

  1. Avatar

    Budisus

    30 Juni 2020 at 9:53 pm

    Mak jleb yang suka cari muka…..

    Cerita yang mengispirasi dengan gaya sabtu dan kocak…🤣🤣

  2. Avatar

    Budisus

    30 Juni 2020 at 10:00 pm

    Maaf salah komen…..

    Tapi baik juga berita ini naik….

    Hal ini menunjukkan bahwa mahmud MD memang orang yg sederhana dan bersahaja serta selalu mengingat asal usulnya terutama orang tua dan keluarganya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top