Kabar

Pesinetron Tukang Ojek Pengkolan Sambangi Bukit Padasuka

Padasuka.id – Jakarta. Di tengah hiruk-pikuknya Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, tampak sesosok wajah yang kerap menghiasi layar kaca. Dialah H Sodik pemeran dalam sinetron ‘Tukang Ojek Pengkolan’ yang sempat booming di layar TV Swasta Nasional RCTI.

Kedatangan Bang Haji Sodik, sapaan akrabnya, ke Pasar Induk Kramat Jati, Rabu, 22 Juli 2020, ditemani oleh Ustadz Adityo Januar, seorang jamaah Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA). Mereka berdua kemudian menuju ke Kios UD Bukit PADASUKA, di Los K-1, No. ABC. Yang mana, kioas ini antara lain menjual buah kolang-kaling segar berukuran jumbo yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara.

H Sodik (kiri) bersama Hj Iyan (kanan) di kiosnya, UD Bukit Padasuka, Kramat Jati, Jakarta Timur

“Saye lagi di Pasar Induk Kramat Jati; di UD PADASUKA tempatnya Bu Haji Iyan. Lagi di tempat kolang-kaling. Seger-seger. Yang perlu sini aja dah! Ke UD PADASUKA, Blok K 1,  Nomer 6 ABC ya…,” ujar Bang Haji Sodik yang ditimpali oleh pemiliknya, Hj Iyan Naibabo, “Ini kolang-kalingnya nih. Hasil dari dapur sendiri di Kabupaten Simalungun, Medan, Sumatera Utara. Siap beredar di Jakarta dan sekitarnya.”

Memang, kolang-kaling dari daerah Medan, Sumatera Utara, sampai saat ini dikenal memiliki kualitas yang baik dengan ukuran buah yang besar-besar. Termasuk pula kekenyalan dagingnya yang khas, membuat banyak orang memburu buah kolang-koling yang berasal dari Medan.

Sementara itu, Bang Haji Sodik, sebagai seniman Betawi mengatakan bahwa kolang-kaling merupakan juga makanan tradisional Betawi.

“Menurut saya nih paling cocok. Kolang-kaling kan termasuk juga makanan Betawi. Saya kan (pelestari) budaya Betawi. Jadi, ‘Buaya binatang melata nencari makan di waktu pagi. Budaya nih perlu kita jaga, kalau bukan kita, siape lagi,” ujar Bang Haji Sodik di Kios UD PADASUKA.

Kemudian juga, lanjutnya, pesinetron yang dikenal kocak ini berencana mau bisnis manisan kolang-kaling.

“Mau bisnis ma Bu Haji Iyan. Alhamdulillah dengan niat hati yang baik, siap…. saya mau bikin manisan makanan Betawi,” tutur Bang Haji Sodik lalu melanjutkan.

“Harapannya, semoga semuanye ada keberkahan. Emang ini, mungkin ijin Allah; petunjuk, melalui Ustadz Adit,” pungkasnya dengan logat Betawi yang kental.

Baiklah Bang Haji Sodik, sambil nungguin ojek di pengkolan, kite sambil dagang kolang-kaling ye…!!

Ustadz Adit juga tuh, luar biasa jadi guru ngaji yang berjiwa niaga, alias berjiwa interprineur kata anak-anak jaman sekarang.

Nah, Bu Haji Iyan, itu kolang-kalingnya jangan lupa kirim-kirim ke kantor redaksi ya! Tapi yang sudah jadi manisan.

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    R. Syarif Rahmat RA

    22 Juli 2020 at 4:49 pm

    Hj. Iyan, dodolan kolang kaling, mergo panggonmu bakal aliyan, atimu kudu eling”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top