Kabar

Bakti Nyata Ansor-Banser untuk Pesantren dan Lingkungan

Padasuka.id – Jakarta. Sejak masa-masa merebaknya wabah penyakit yang menurut WHO disebabkan oleh virus Corona (Covid-19) Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jagakarsa, Jakarta Selatan senantiasa mengulurkan baktinya bagi lingkungan. Terutama dalam melakukan upaya pencegahan Covid-19, mulai dari pemberian masker, pembersihan lingkunggan, dan penyemprotan disinfektan.

Minggu pagi, 26 Juli 2020, Kader GP Ansor PAC Jagakarsa kembali melakukan giat penyemptrotan disinfektan di Pondok Pesantren At-Tsaqafah, Jalan Mohammad Kahfi 1, No.22, RT 15, RW 1, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sejumlah anggota Ansor-Banser yang hari ini melakukan giat penyemprotan di Pesantren As-Tsaqafah

“Di masa new normal ini para Pemuda Ansor – Banser PAC Jagakarsa secara masif membantu pengurus masjid, mushola, pondok pesantren, dan majelis ta’lim dalam memutuskan mata rantai sebaran Covid-19,” tulis akun Fecebook GP Ansor Jagakarsa, lalu melanjutkan.

“Pagi sampai siang ini (Ahad, 26 Juli 2020) Pondok Pesantren asuhan Abuya KH Said Aqil Siroj (Pesantren Luhur At-Atsaqafah) menjadi target pemuda Ansor – Banser melakukan penyemprotan. Sebelumnya, Ketua PAC Ansor Jagakarsa Ustadz Wawan Saefudin, S Ag, juga memberi bantuan sosial untuk guru di pondok pesantren ini.”

Terkait dengan jumlah positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, per-Kamis malam (23/7/2020) masih ada penambahan.

Menurut data resmi Pemda DKI, hingga Kamis, 23 Juli 2020, dijelaskan bahwa jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta berjumlah 17.951 orang. Dari total kasus positif itu, sebanyak 11.302 pasien dinyatakan telah sembuh, sedangkan 767 pasien lainnya meninggal dunia. Sementara itu, sebanyak 1.201 pasien dari total keseluruhan pasien psoitif Covid-19 masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 4.680 orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Berdasarkan data di situs resmi Pemda DKI corona.jakarta.go.id per-Kamis malam, 23 Juli 2020, kasus positif Covid-19 tersebar di semua kelurahan di DKI Jakarta, yakni 267 kelurahan.

Data dan peta sebaran kasus Covid-19 di Jakarta per 13 Juli 2020. (Foto: Tangkapan layar dari situs corona.jakarta.go.id)

Membandingkan dengan data sebelumnya, kasus Covid-19 di DKI Jakarta jadi bertambah dibanding dengan Rabu (22/7/2020) yang hanya tersebar di 265 kelurahan dari total 267 kelurahan di Jakarta.

Diungkapkan, Kepulauan Seribu yang awalnya tidak terpapar, kini kasus Covid-19 telah menyebar di Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, dan Pulau Pari.

Kemudian juga, Kelurahan Roa Malaka yang sebelumnya nol kasus juga sudah terpapar. Situs web resmi Pemda DKI Jakarta ini pun menampilkan data 25 kelurahan dengan kasus tertinggi Covid-19. Dari daftar 25 kelurahan tersebut ada 11 kelurahan yang terletak di Jakarta Pusat, 7 kelurahan di Jakarta Utara, 5 kelurahan di Jakarta Barat, dan 2 kelurahan di Jakarta Timur.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top