Kabar

Kilas Balik Perjalanan Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan

Padasuka.id – Madura. Perjalanan Kitab  Munajat Kumpulan Wirid dab Doa-doa Al-Quran semakin hari semakin meluas di seluruh pelosok negeri. Tidak terkecuali dengan majelis yang mewadahinya yang berada di bawah naungan Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA). Sebagaimana diketahui padepokan dakwah kuultural ini didirikan oleh penyusun Kitab Munajat itu sendiri, KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA,  pada 1 Suro 1945 Jw (26 November 2011) —9 tahun yang lalu.

Satu dari sejumlah Majelis Munajat PADASUKA terdapat di Pulau Madura. Yakni, kegiatannya dipusatkan di Jl Durian, Gang 2, No. 45, Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kegiatan majelis ini dikoordinasi dan diketuai oleh Muhammad Nasir.

Muhammad Nasir saat memimpin pembacaan Kita Munajat di majelisnya

Hingga ke tahun ini (2020) Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan genap berumur 5 tahun. Namun karena dalam suasana pandemi Covid-19 yang oleh pemerintah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka pada ulang tahunnya yang ke-5 di tahun ini tidak mengadakan kegiatan seperti tahu lalu.

Tentang bagaimana majelis tersebut dibentuk, kepada Padasuka.id, Bang Nasir sapaan akrab koordinatornya, menuturkan dari awal ia bertemu dengan Kiai Syarif sebagai penyusun Kitab Munajat.

Awal pertemuan saya dengan Abi Kiai Syarif yaitu pada tanggal 31 Desember 2013 atau bertepatan dengan malam tahun baru 2014. Pada saat itu beliau mengisi pengajian akbar di kantor Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Setelah bertemu beliau bersama dua orang teman saya, langsung diberikan Kitab Munajat oleh beliau dan disuruh diamalkan. Maka sejak saat itu saya mulai mengamalkan Kitab Munajat seorang diri atau perorangan,” Nasir memulai kisahnya lalu melanjutkan.

Singkat cerita, pada awal bulan November 2014, Abi Kiai Syarif menghubungi saya untuk bertemu di Bandara Juanda Surabaya untuk menemani beliau mengisi acara Haul Akbar Masyayikh Ponpes Al-Falah Kediri Jawa Timur. Yang mana saat itu Kiai juga ditemani oleh Ust. Lukman HAR dan Gus Muhammad AR. Nah setelah itu Kiai sempat memerintahkan saya untuk membuka Cabang PADASUKA di Bangkalan dalam wadah Majelis Munajat. Maka awal Januari 2015 saya mencoba untuk mengumpulkan beberapa teman-teman saya dan mengatakan kepada mereka bahwa saya akan membentuk sebuah pengajian rutin yang akan diadakan seminggu sekali yaitu tiap hari Selasa malam Rabu. Dan, Alhamdulillah teman-teman banyak yang setuju dan kami memulainya untuk membaca Kitab Munajat secara berjama’ah meskipun pada saat itu belum diberi nama Majelis Munajat,” urai Nasir dengan cukup rinci.

Salah satu kegiatan Majelis Munajat Bangkalan

Nampaknya Nasir cukup serius dalam membawahi majelis yang dibentuk bersama rekan-rekan remajanya itu. Pada tahapan berukutnya, ia pun mengundang para tokoh setempat untuk meresmikannya.

Kemudian pada tanggal 24 Maret 2015 diresmikanlah Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan dengan mengundang para tokoh masyarakat dan sesepuh kampung di daerah kami,” lanjut Nasir.

Dari hasil pertemuan tersebut lalu disepakati pembentukan susunan pengurus majelis. Yang pada saat itu pengurus Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan adalah sebagai berikut:

Pendiri dan Pelindung:

KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA

Penasehat:

KH Ahmad Faqih

Ust. Moh. Munir S.Pd. I

Ketua:

Muhammad Nasir

Sekretaris:

Syaiful Mu’arif, ST

Bendahara:

Bahrus Salim

Bidang Dakwah & Pendidikan:

Ust. Ahmad Ghufron, M.HI

Seiring berjalannya waktu Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan yang jamaahnya terdiri dari kaum remaja kini telah berusia 5 tahun. Dan, pada Harlah yang ke-4 tahun kemarin kita sempat mengundang penceramah kondang di sini yakni KH Imam Makhsus Ridhwan Pengasuh Ponpes Al-Aziziyah 3 Bangkalan. Dan untuk Harlah yang ke-5 tahun ini kami belum bisa mengadakan dikarenakan situasi dan kondisi saat ini,” pungkas Nasir.

Ziarah Wali menjadi salah satu kegiatan Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan

Selamat harlah yang kelima untuk Majelis Munajat PADASUKA Bangkalan ya Bang Nasir, walau sudah agak lambat. Semoga pandemi segera berlalu hingga aktivitas bisa berjalan normal selalu. (SM)

Editor : M.A.R & Anuro

2 Comments

2 Comments

  1. Avatar

    R. Syarif Rahmat RA

    2 Agustus 2020 at 7:20 pm

    Semoga bertambah banyak manfaat dapat disebarkan oleh Jamaah Majlis Munajat Madura bagi Ummat sekitarnya. Teriring salam untuk semua. Allahumma Amin

    • Avatar

      Muhammad Nasir

      2 Agustus 2020 at 8:00 pm

      Allahumma Amin. Terima kasih atas bimbingan dan do’anya Abi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top