Kabar

Diklaim Sebagai Ayah Habib Rizieq, Ternyata Lelaki Itu Tokoh India

Padasuka.id – Jakarta. Entah sengaja ingin membangun opini atau sekedar iseng, kerapkali foto tokoh tertentu diklaim sebagai tokoh yang lain. Satu di antaranya seperti yang akan diurai berikut ini.

Melalui akun media sosial berdar foto tiga orang tokoh dalam satu peristiwa yang dilengkapi dengan narasi bahwa salah satu dari ketiganya adalah ayah dari Habib Rizieq Shihab.

“Inyong jg nembe ngerti…. SEKARANG DI KUYO2 SAMA PENGHIANAT NEGRI,” demikian narasi yang menyertai foto  Presiden Soekarno, seorang lelaki yang diklaim sebagai ayah Habib Rizieq, dan Jenderal Soedirman, lalu diterangkan: “Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!… Beliau adalah ayahandanya Habieb Risziq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu ykni Belanda karena khawatir umat islam bersatu.”

Foto berikut narasi yang beredar pula di jejaring WhatsApp

Setelah menggelinding di media sosial foto kuno berisi tiga orang tokoh berikut narasinya itu kemudian beredar di jejaring WhatsApp. Bagi sebagian orang ada yang meyakininya mengingat lelaki yang diklaim sebagai ayah Habib Rizieq itu sepintas memang bertampang Arab. Namun sebagian yang lain masih meragukannya. Mengingat, dari mana sumber foto itu bermula serta dalam peristiwa apa, tidak ada penjelasan apalagi sumber rujukannya.

Melansir dari Turbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusurannya dinyatakan bahwa klaim seorang lelaki yang berdiri di antara Presiden Soekarno bersama Panglima Besar Soedirman adalah ayah Habib Rizieq merupakan klaim yang salah.

Sebab faktanya, lelaki itu bukanlah ayah Habib Rizieq, melainkan Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga Duta Besar India untuk Indonesia. Saat itu mereka bertiga sedang meninjau Magelang (Jawa Tengah) pada tanggal 27 Agustus 1948.

Tangkapan layar dari salah satu WhatsApp Group

Diungkapkan pula, Mohammad Yunus Khan, memang beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Misalnya, berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947. Juga saat kunjungan bersama Presiden Soekrano ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

Mohammad Yunus juga pernah menjabat sebagai Duta Besar India untuk Turki, Indonesia, Irak, dan Spanyol.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top