Kabar

Seiring New Normal Pesilat Muda NU Kembali Giatkan Latihan

Padasuka.id – Jakarta. Setelah berbulan-bulan dunia dilanda wabah Covid-19 dunia persilatan pun ikut terdampak. Seiring diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi untuk mencegah penularan penyakit yang dikatakan karena virus Corona jenis baru (Covid-19) tersebut, latihan silat pun ditiadakan. Maka praktis aktivitas dunia persilatan yang sejatinya menyehatkan itu sepi dari latihan rutinan yang bersifat berkelompok.

Terkait PSBB, Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa juga mengeluarkan maklumat agar anggotanya, di semua tingkatan, tidak menggelar latihan berkelompok sebagaimana biasanya selama Covid-19 masih mewabah. Atau, sampai pemerintah memperbolehkan kembali beraktivitas kelompok.

Namun kemudian, ketika sebaran virus tersebut mulai mereda dan sebagian daerah tidak lagi memberlakukan PSBB, di daerah-daerah yang dinyatakan sudah masuk zona hijau, latihan silat Pagar Nusa dari anggota, pengurus, hingga perguruan yang tergabung dalam PSNU Pagar Nusa kembali diaktifkan. Walaupun begitu, pelatihan yang dijalankan harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh gugus tugas penanganan Covid-19.

Hingga berlumur lumpur, anggota Sapujagad ini tetap semangat latihan.

Salah satu perguruan silat yang bernaung di bawah PSNU Pagar Nusa, yaitu Peguron Sapujagad, semenjak pemerintah mengumumkan status new normal, sebagian perguruan silat pimpinan Gus Yusuf Cokro Santri ini mulai menggiatkan kembali latihannya secara lokalis. Khususnya, perguruan yang berada di daerah atau area yang sudah dinyatakan sebagai zona hijau.

Sepanjang Sabtu malam hingga Minggu, 9 Agustus 2020, sejumlah cabang Peguron Sapujagad yang berada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, dan Palembang (OKI) mengaktifkan kembali latihannya. Berikut ini beberapa foto pelatihan tersebut yang diterima Padasuka.id, Minggu malam (9/8/2020)

Suasana latihan di daerah Depok, Jawa Barat

Suasana latihan di Ponpes Nurul Iman Parung, Bogor, Jawa Barat

Suasana latihan di OKI Sumatera Selatan

Suasana latihan di Pantai Bunton, Cilacap, Jawa Tengah

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top