Kabar

Siasati Lahan Rumah untuk Penghijauan, Kreatifitas Ibu Ini Layak Ditiru

Padasuka.id – Depok. “Demi penghijauan, tidak ada tanah kosong, dak rumah pun jadi kebun.” Kalimat ini antara lain direalisasikan seorang ibu rumah tangga di daerah Pondok Petir, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Tidak hanya di teras rumahnya, di dak lantai dua rumahnya tampak beraneka tanaman tengah segar menghijau. Satu di antaranya adalah melati yang kini sedang berbunga semerbakkan aroma wangi. Dengan saung kecil di sisi melati, menjadi tempat yang meneduhkan hati saat menikmati udara pagi atau sore hari sambil melepaskan pandangan ke berbagai sisi.

Tanaman melati di atas dak rumah Rahmi Ali di Villa Pamulang Pd Petir

Dialah Rahmi Ali yang dengan telaten memanfaatkan sejumlah ruang di lingkungan rumahnya dengan berbagai tanaman hias, sayuran, hingga tanaman buah. Tampak di teras rumahnya, di Blok DF-9, Jl Bukit III, RT 1, RW 10, Villa Pamulang, Pondok Petir, berbagai tanaman hias tertata rapi, mulai dari anggrek beraneka rupa, hingga tanaman hias berjenis perdu dan sebagainya. Dari sejumlah tanaman tersebut, ada yang langsung ditanam ke tanah, ada pula yang ditanam di dalam pot dan media sejenisnya.

Hal menarik lainnya, di lahan kosong yang tidak terlalu lebar di belakang rumahnya ia manfaatkan sebagai kebun tanaman buah dan sayuran. Tampak di sana ada pohon cabe, tomat, terong, hingga bayam yang menghijau. Sehingga dengan demikian, selain berbagai tanaman itu menjadi penampungan oksigen yang dibutuhkan manusia, buah dan sayurannya pun dapat dinikmati bersama keluarga. Walau tidak dalam skala besar, tetapi setidaknya ia dan keluarga dapat memetik buah segar dan sayuran langsung dari pohonnya.

Tanaman anggrek di teras rumah Rahmi Ali

Kreatifitas ibu muda yang tergabung dalam Srikandi Padasuka tersebut, menurutnya adalah hobi bawaan sejak ia masih tinggal di kampung halamannya di daerah Kaligowong, Wadas Lintang, Wonosobo, Jawa Tengah. Di mana, sejak masih remaja ia sudah akrab dengan lahan pertanian di daerah asalnya yang memang berudara sejuk. Nah, ketika sudah menjadi warga perkotaan, kebiasaan lamanya yang bermanfaat itu tidak hilang.

Tanaman sayur hasil kreatifitas Rahmi Ali

Seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 yang lalu, istri dari Ali Chatab, pemilik CV Teknik Daya Mandiri yang bergerak di bidang genset ini, banyak meluangkan waktunya untuk “bertani” di lingkungan rumah tinggalnya sendiri. Apalagi, di saat pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat warga sangat terbatas untuk keluar rumah, ia melepas kepenatannya dengan merawat tanaman dan bercocok tanam. Alhasil, penat hilang segar datang, panen pun dijelang.

Tampak pohon terong sedang berbuah di lahan belakang rumah Rahmi Ali

Sejalan dengan dukungan sang suami, kreatifitasnya terus dikembangkan hingga kini. Agaknya, kreatifitas yang multi mafaat ini layak dicontoh oleh para srikandi yang lain. Sebab, dengan kegiatan serupa ini, selain menyehatkan badan, karena merawat tanaman berarti telah berolahraga bersama segarnya udara, juga bermanfaat buat lingkungan dan keseimbangan alam. Di mana, setiap helai daun yang menghijau dengan sendirinya telah menjadi penampung dan penyuplai oksigen yang begmanfaat untuk kesehatan manusia serta menjadi penyeimbang ekosistem lingkungan. Belum lagi aneka bunga yang bermekaran dan semerbakkan aroma tentu dapat meneduhkan jiwa.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top